Saturday, June 20, 2009

OOP





OOP atau bahasa gaulnya Object Oriented Programming (tulisanya gw bikin miring soalnya kata guru pembimbing gw kalo istilah bahasa inggris harus miring). Ternyata belajar java lumayan menyenangkan bersama Mr. Romi Satria Wahono, tetapi yg menyedihkan saat dia memberi kritikan yang cukup pedas, masuk kedalam lubuk hati yg paling dalam.. lebih dalam.. lebih dalam… ah tapi itu ngak dipikirin malah jadi semangat buat belajar java, mengapa dipilih java karena hampir segala macam aplikasi menggunakan bahasa yang satu ini contohnya aplikasi di HP(hand phone). Okeh kita langusng belajar mengenai OOP berbasis java ini…

Ada beberapa inti dari konsep dasar OOP ini yaitu objek(object), kelas(clas), metode (method), dan pengkapsulan(enkapitulasi). Itu dulu aja yang akan gw jelasin di sini.

Objek pada dasarnya semua benda yang ada dan dapat terlihat di bumi ini adalah object

Contohnya : TV, Motor, Mobil, Rumah. Kemudian objek memiliki 2 karakter yang utama yaitu atribut dan behavior, atribut bisa juga dikatakan status dari objek itu, kemudian behavior bisa dikatakan cara benda itu beraksi. Contoh biasanya mobil, motor, sepeda. Itu dah kuno sekarang gw mo coba pake contoh yg lain seperti pesawat terbang, dia memiliki atribut stir, roda, sayap. Kemudian behaviornya terbang, rem, belok kanan

Kelas beda dengan objek (ya iya lah namanya aja udah beda) disini klas ini menjabarkan variabel dan metode secara garis besar. Contohnya pada sepeda motor bisa memiliki 4 gigi yang dapet di rubah sesuai dengan pemilik motor.

Metode adalah cara suatu objek bekerja, contoh menyalakan lampu radar, tambah kecepatan, kurangi kecepatan.

Pengkapsulan seperti kita minum obat ada yg berbentuk kapsul, kita ngak tau isinya apa pokoknya asal minum aja, jadi intinya kita ngak perlu tau isinya apa pokoknya fungsinya untuk menyembuhkan. Contoh lain adalah komputer kita ngak perlu tau cara prosessor membaca perintah-perintah dari keyboard dan di tampilkan di monitor.


nih contoh programnya...
























Ahhhh.. itu dulu sebagian dulu... dari yag gw dapat dari belajar OOP dengan java.

Berhubung harus ngawas ujian jadi udah dulu yah...



No comments: